Kuatkan Soliditas, Senkom Adakan Temu Darat

Menghadapi situasi yang selalu dinamis, sebagai relawan kamtibmas harus aktif dan tanggap. Oleh karena itu relawan harus selalu belajar. Hal ini diungkapkan koordinator Senkom, Agus Susilo di hadapan  belasan anggota Senkom Mitra Polri dari Kecamatan Sawangan  dan Dukun dalam acara temu darat anggota. Temu darat yang berlangsung sejak sore ini diadakan di Ngentak, Sawangan, Kabupaten Magelang pada hari Selasa, 31 Januari 2023.

Walaupun hanya pertemuan ringan, tetapi pertemuan ini tetap menjalankan prinsip perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi, serta tindak lanjut. Hal yang berhasil dibahas antara lain inventarisasi dan pengelolaan perlengkapan, usaha mandiri, dan lain-lain.

Koordinator usaha mandiri, Nur Sholikhin melaporkan bahwa untuk usaha perkebunan, pohon pisang sudah mulai tinggi. Tinggal perawatan rutin agar tumbuh sehat. Juga perlu diadakan pemupukan, disepakati dengan pupuk organik lokal.

Sementara untuk PAM pelayanan masyarakat dievaluasi, masih terdapat warga yang kurang tertib ketika diatur oleh petugas Senkom. Oleh karna itu diperlukan warga setempat untuk pengaturan parkir ketika ada suatu kegiatan yang melibatkan orang banyak. Penggunaan alat komunikasi HT analog harus dioptimalkan, walaupun hanya dengan frekuensi direct. Petugas Senkom juga harus dilengkapi dengan alat pelindung diri yang memadai.

Mahendra Setiaji, menjelaskan pentingnya dokumentasi setiap kegiatan. Sebisa mungkin setiap kegiatan ada dokumentasi berupa foto dan notula kegiatan. Hal ini akan memudahkan dalam monitoring dan evaluasi.

Sementara, Ketua Senkom Mitra Polri Kabupaten Magelang, Yuwana Budi Hartana, S.E, yang tidak dapat hadir secara langsung, berpesan agar semua anggota Senkom tetap semangat dalam perjuangan dan pengabdian kepada masyarakat.